Tahukah Kamu!! 4 Badan Yang Mengatur Internet Di Dunia


Source : Riyan Cyber


     Internet sebagai salah satu teknologi, tidak mungkin dapat berjalan dengan sendirinya kalau tidak ada badan yang mengaturnya. Dengan banyaknya pengguna internet, sehingga perlu suatu penyangan secara profesional terhadap desain komunikasi internet tersebut dan dalam artikel kali ini akan menerangkan badan badan yang mengatur internet di dunia ini langsung saja simak pembahasan di bawah ini.


APA ITU INTERNET ?

Internet merupakan kumpulan dari jutaan computer yang saling terhubung. Penggunaan internet memungkinkan kita memperoleh informasi dari kumpulan komputer tersebut dengan syarat pemilik komputer memberikan izin akses. Fadli (2009) mengatakan bahwa internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Flynn (2002:115) mendefinisikan internet sebagai jaringan komputer yang didesain untuk saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Internet merupakan jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia pada saat ini. Dengan demikian internet sangat berperan dalam sistem informasi dan komunikasi. Internet memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tidak terbatas. Perkembangan teknologi internet akan berdampak pada semua bidang termasuk bidang pendidikan.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX, yang mampu melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.


Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.


Berbagai aplikasi internet telah dapat digunakan sebagai layanan informasi, apalagi dengan bermunculannya situs-situs baru yang memberikan peluang kepada setiap orang untuk memanfaatkan aplikasi dari internet untuk dunia kerja, dunia usaha dan pribadi.  Aplikasi paling populer  yang digunakan dalam internet adalah World Wide Web yang lebih dikenal dengan www atau web. Melalui internet pengguna dapat mengetahui kejadian di suatu tempat dan pada waktu yang sama meskipun tidak berada di tempat tersebut.


4 BADAN PENGATUR INTERNET DI DUNIA

1.  Internet Society (ISOC)

       Internet Society yang didirikan tahun 1992 bertanggung jawab dalam teknologi dan aplikasi internet. Selain itu, organisasi tersebut bertugas mengatur, memfasilitasi, mendukung serta mempromosikan internet sebagai infrastruktur global untuk penelitian. ISOC juga berfungsi untuk mengatur internet dalam aspek politik dan sosial jaringan internet, serta memasyaratkan internet kepada dunia.


2.   Internet Architecture Board (IAB)

       Internet Architecture Board merupakan badan koordinasi dan penasehat teknis ISOC. Badan ini bertanggungjawab dalam penilaian yang telah terlaksana dan menentukan standar akhir internet. Internet Architecture Board memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen standar internet RFC (Request  For Comment). Selain itu, IAB juga bertugas mengatur angka-angka yang di gunakan dalam protokol internet, seperti penomoran port TCP, Kode protokol IP, dan tipe hardware ARP yang didelegasikan kepada lembaga lain yang bernama IANA (Internet Assigned Number Authority).


3. Internet Engineering Task Force  (IETF)

    Internet Engineering Task Force bertugas untuk membentuk standar internet, pengaturan aplikasi routing dan addressing, serta keamanan komputer. Untuk mengatur kerja IETF,organisasi ini membentuk badan yang disebut IESG (Internet Engineering Steering Group).


4. Internet Research Task Force (IRTF)  

     Internet Research Task Force salah satu badan standar internet yang memiliki tugas melakukan penelitian-penelitian tentang perkembangan internet untuk jangka  waktu panjang. Semua hasil penelitian yang dilakukan IRTF dikumpulkan dan diapalikasikan untuk penyempurnaan teknologi jaringan internet. Dengan badan ini, akan memunculkan teknologi-teknologi terbaru tentang jaringan internet.

   

   Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda tentang badan pengatur internet di dunia dan jangan lupa untuk terus update informasi anda hanya disini, bagi kalian yang ingin memberi masukan atau saran bisa komentar dibawah dan jangan lupa terus kunjungi website saya di MUHABDULRAFI.blogspot.com/. Thank You

No comments for "Tahukah Kamu!! 4 Badan Yang Mengatur Internet Di Dunia"