Ada!! Fitur Terbaru Dan Menarik Di Kinemaster Yang Belum Diketahui?

   
Source : kinemaster for PC guide


   Dalam artikel kali ini saya akan membagikan cara menggunakan kunci chroma/chroma key di aplikasi kinemaster, Tidak usah pakai software editor di komputer sekarang di android juga sudah ada chroma key di aplikasi editor video gratis kinemaster. Tapi di android masik kalah di bawah software komputer yah wkwkwkwk!!

APA ITU CHROMA KEY?

      Chromakey atau blue screen / green screen, juga disebut color keying , color separation overlay (CSO) adalah sebuah tehnik yang digunakan dalam perfilman maupun pertelevisian, untuk mengganti warna latar belakang dengan sebuah gambar latar belakang yang lain Dengan menggunakan teknik chromakey, latar belakang dari obyek yang direkam dengan camera video bisa diganti-ganti dengan latar belakang lain yang dikehendaki. Chromakey adalah tehnik untuk menggabungkan dua gambar yang dibuat dengan camera video sekaligus, di mana sebuah warna latar belakang dari sebuah gambar dihilangkan (dibuat menjadi transparan), digantikan dengan gambar lain di belakangnya. Untuk dapat menghilangkan latar belakang sebuah obyek yang direkam dengan camera video, maka di belakang obyek tersebut dipasang sebuah layar berwarna hijau atau biru. Kemudian dengan melalui proses composit, latar belakang berwarna hijau atau biru itu dilenyapkan dengan membuat warna tersebut menjadi sangat tipis atau transparan. 

  Dengan demikian jika gambar obyek yang telah tidak mempunyai latar belakang itu disatukan dengan sebuah obyek gambar lain, maka obyek gambar lain itu langsung menjadi latar belakang yang baru. Sebetulnya tidak hanya latar belakang berwarna hijau atau biru saja yang dapat digunakan dalam proses chromakey, sembarang warna solid bisa digunakan. Namun warna hijau dan biru dipilih karena tidak sama warnanya dengan manusia. Kecuali pada orang yang berwarna mata hijau atau biru. Untuk kasus orang yang bermata hijau, maka digunakan layer latar belakang biru, dan sebaliknya untuk warna mata biru, digunakan warna latar belakang hijau. Chromakey proses berdasarkan pada luminance key. Dalam luminance key segala sesuatu dalam gambar dapat diatur tingkat kecerahannya (brightness level) dari sangat jelas, sampai menghilang (transparan) Proses chromakey biasa dilakukan dalam pertelevisian, misalnya untuk membe ri latar belakang seorang pembaca berita. seorang anchor di studio televisi biasanya membacakan berita dibelakang sebuah meja dengan latar belakang dinding. Agar latar belakang pembaca berita tersebut lebih indah maka dilakukanlah proses chromakey, yaitu latar belakang pembaca berita diberi layar hijau atau biru. Selanjutnya setelah gambar direkam,atau dapat juga dilangsungkan secara live, latar belakang tersebut di hilangkan, ditukar dengan gambar adegan atau pemandangan yang bagus. Teknik chromakey juga biasa digunakan dalam acara ramalan cuaca, di mana presenter ahli cuaca terlihat berdiri di depan sebuah gambar peta besar. 

  Tapi sesungguhnya di studio presenter tersebut hanya berdiri di depan sebuah dinding latar dan lantai berwarna biru atau hijau.
 

APA ITU KINEMASTER?


  KineMaster merupakan aplikasi mobile yang secara khusus dirancang untuk membantu pengguna Android dan iOS untuk memodivikasi video dari video biasa menjadi video yang lebih menarik. KineMaster sendiri diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang cukup besar bernama NexStreaming, bermarkas di Seoul, Korea dan memiliki beberapa cabang di seluruh dunia, seperti di Amerika Serikat, Spanyol, Tiongkok dan Taiwan.
NexStreaming Corp terlibat dalam pengembangan perangkat lunak multimedia untuk perangkat seluler di Korea Selatan dan internasional. 

   Perusahaan NexPlayer SDK untuk aplikasi seluler, NexPlayer360 SDK untuk aplikasi video 360, NexPlayer untuk streaming HLS dengan perlindungan konten widevine, NexPlayerSTB SDK untuk Android TV dan set-top box; NexPlayer untuk Tizen. NexStreaming juga menyediakan NexPlayer HTML5 untuk memutar dan streaming video di seluruh browser desktop dan seluler termasuk KineMaster, aplikasi edit video seluler profesional yang sedang kita review. NexStreaming Corp didirikan pada tahun 2002 dan KineMaster dilahirkan di tahun 2013 dengan angka pengguna mencapai jutaan orang di platform Android dan iOS.
    

BAHAN DAN ALAT YANG DIGUNAKAN :

1. Download Aplikasi terbaru  kinemaster gratis di google play store


2. Siapkan android kalian terlebih dahulu. Jangan lupa kuota data atau wifi. 


3. Siapkan dulu video green screen yang anda mau misalnya, kalian ketik: video green screen harimau lalu kalian download videonya.

4. Kalian bisa download green screen yang gratis di situs ini, klik disini Atau bisa di google.

LANGKAH LANGKAH YANG HARUS DITEMPUH :


Langkah Yang Pertama :

Kalian klik tanda lingkaran yang ada tanda plusnya untuk menambahkan proyek baru atau membuka lembaran kerja baru.

Muhabdulrafi.blogspot.com

Langkah Yang Kedua :

Pilih aspek rasio yang ingin anda pilih sesuai ukuran video yang akan anda edit saya disini menggunakan aspek rasio 16:9.

Muhabdulrafi.blogspot.com

Langkah Yang Ketiga :

Pilih video yang ingin menjadi backgroundnya bukan video green screennya contohnya saya disini pilih latar default kinemaster bebas sesuai kebutuhan anda.

Muhabdulrafi.blogspot.com

Langkah Yang Keempat :

Kalian klik yang sudah diberi tanda panah yaitu lapisan/ media untuk memilih video atau foto yang ingin ditambahkan ke layernya.

Muh Abdul Rafi.blogspot.com

Langkah Yang Kelima :

Dan setelah kalian klik media lalu akan diarahkan untuk memilih video yang akan anda tambahkan dilayer yaitu bisa kalian pilih video green screennya.

Muhabdulrafi.blogspot.com

Langkah Yang Keenam :

Lalu setelah kalian menambahkan video green screen nya akan ada sebuah menu yang ada dibawah ini lalu kalian pilih saja Chroma Key untuk menghilangkan background hijaunya.

Muhabdulrafi.blogspot.com

Langkah Yang Ketujuh :

Setelah anda mengklik Chroma Key dan anda akan menemukan sebuah tampilan dibawah ini lalu bisa kita aktifkan Chroma Key dengan men Enablekan seperti tanda panah dibawah ini dan kalianpun bisa mensetting backgroundnya supaya menjadi halus tanpa noise.
Muhabdulrafi.blogspot.com


Kalau sudah semua langkah langkah yang diatas otomatis background hijaunya akan hilang dan video pun bisa berjalan tanpa background hijau seperti gambar dibawah ini.

Muhabdulrafi.blogspot.com


Terima kasih semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian terus kunjungi blog saya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya 

4 comments for "Ada!! Fitur Terbaru Dan Menarik Di Kinemaster Yang Belum Diketahui?"

Post a Comment